Actifed Hijau - Obat untuk Anti Flu & Batuk



ACTIFED PLUS Expetorant

Harga Per Satuan Terkecil: Rp26,700.00
Tidak boleh diberikan pada pendrita yang peka terhdap obat simpatomimetik lain (missal efedrin,fenilpropanolamin,fenilefrin) panderita tekanan darah tinggi berat,dan yang mendapat terapi obat anti depresan pe penghambat monoamin oksidase (MAO).
Tidak boleh melebihi dosis yang dianjurkan. Hati-hati penggunaan pada penderita tekanan darah tinggi atau yang mempunyai potensi tekanan darah tinggi atau stroke, seperti pada penderita dengan berat badan berlebih (overweight) atau penderita usia lanjut. Bila dalam 3 hari gejala-gejala tidak berkurang, segera hubungi dokter atau unit pelayanan kesehatan. Hentikan penggunaan obat ini jika terjadi susah tidur, jantung berdebar dan pusing.


Presentasi

ActifedTM PLUS Expectorant setiap satu sendok takar 5mL mengandung :1,25 mg Tripolidine HCl,30 mg Pseudoephedrine HCl,100mg Guaiphenesin dan ethanol 6,93% v/v.


Perhatian untuk pemakaian pseudoephedrine :


Bentuk sediaan untuk dewasa : 30mg pertakaran 3x sehari
Bentuk sediaan untuk anak 6-12 tahun : 15mg per takaran 3x sehari
Bentuk sediaan untuk anak anak 2-6 tahun : 7,5mg per takaran 3x sehari


Indikasi 

ACTIFEDTM PLUS Expetorant diindikasikan untuk meringankan pilek dan batuk berdahak.


CARA KERJA :

Triprolidine membantu meringankan gejala yang penyebabnya secara keseluruhan maupun sebagian tergantung pada pelepasan histamine.Senyawa dari golongan pyrolidine ini bekerja sebagai antagonis kompetitif untuk reseptor histamine H1 dan mampu menekan system saraf pusat,sehingga menyebabkan kantuk.Pseudoephedrine mempunyai aktivitas simpatomimetik langsung maupun tidak langsung dan merupakan dekongestan saluran nafas phenesin (Actifed PLUS Expectorant)memiliki kerja expectorant.Kerjanya menurunkan viskositas lender dengan cara meningkatkan volume dan kandungan air dari sekresi tenggorokan,dengan demikian membantu pengeluaran sputum.


Farmakokinetika

Setelah pemakaian 2,5 mg triprolidine HCl dan 60mg pseudoephedrine HCl pada sukarelawan dewasa sehat,konsentrasi puncak (Cmax) triprolidine kira-kira 5,5ng/mL-6,0 ng/mL,kurang lebih 180 ng/mL dengan Tmax kira-kira 1,5-2 jam setelah pemakaian obat.Waktu paruh pseudoephedrine secara nyata menurun pada peng”asam”an urine dan meningkat pada pem”basa”an urine.
Setelah pemakaian 600mg Guaipphenesin (Actifed PLUS Expetorant) pada sukarelawan dewasa sehat,Cmax kira-kira 1,4 mcg/mL dengan Tmax kurang lebih 15 menit setelah pemakaian obat.Guaiphenesin memiliki waktu paruh kurang lebih 1 jam dan tidak terdeteksi lagi dalam darah setelah 8 jam.

Dosis dan cara pemakaian :

Dewasa dan anak-anak diatas 12 tahun :1 sendok takar (5mL),3 kali sehari
Anak-anak dibawah 12 tahun :6-12 tahun : ½ sendok takar (2,50 mL),3 kali sehari
2-6 tahun : ¼ sendok takar ( 1,25 mL),3 kali sehari.

Anjuran dokter diperlukan sebelum penggunaan Actifed PLUS Expetorant untuk anak-anak dibawah 2 tahun.

Dosis pada orang tua :


Tidak ada penelitian yang spesifik mengenai penggunaan Actifed PLUS Expectorant pada orang tua.Pengalaman telah menunjukkan bahwa dosis pada orang tua adalah sesuai dengan dosis pada orang tua adalah sesuai dengan dosis pada orang dewasa normal, meskipun demikian dianjurkan untuk memonitor fungsi hati dan ginjal. Jika terdapat kerusakan yang serius, perhatian harus diberikan.

Kontra indikasi :

1.Lihat box Warning
2.Penderita hipersensitif terhadap komponen obat ini.


Peringatan dan perhatian :


1.Lihat box Warning
2.Hati-hati penggunaan pada penderita dengan gangguan fungsi hati dan ginjal,glaucoma,hipertrofi prostate,hipertiroid,gangguan jantung dan diabetes mellitus.
3.Tidak dianjurkan penggunaan pada anak dibawah usia 2 tahun,wanita hamil dan menyusui,kecuali atas petunjuk dokter.
4.Selama minum obat ini tidak boleh mengendarai kendaraan bermotor atau menjalankan mesin.
5.Hati-hati penggunaan bersamaan dengan obat-obat lain yang menekan susunan saraf pusat.

Interaksi Obat :

Penggunaan yang bersamaan antara Actifed dengan obat-obat simpatomimetik seperti dekongestan,antidepresan trisiklik,penekan nafsu makan dan psikostimulan sejenis amfetamin,atau dengan penghambat monoamine oksidase yang mengganggu katabolisme dari simpatomimetik amin,kadang-kadang dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah (lihat kontra indikasi,peringatan danperhatian).Karena Actifed mengandung pseudoephedrine,Actifed dapat memperlemah sebagian daya kerja hipotensif dari obat yang mengganggu aktivitas simpatetik
termasuk bretylium,bethanidine,guanethidine,debrisoquine,methyldopa,dan obat-obat penghambat adrenergic beta dan alpha (lihat peringatan dan perhatian). Anti bakteri furazolidone diketahui dapat menyebabkan penghambatan monoamine oksidase yang tergantung dari dosisnya.Meskipun tidak ada laporan mengenai terjadinya krisis hipertensi,sebaiknya furasolidone tidak diberikan bersamaan dengan Actifed. Meskipun tidak ada data yang obyektif,penggunaan Actived bersama dengan alcohol atau obat sedative lainnya yang bekerja pada susunan saraf pusat harus dihindari.

Efek Samping :


Mengantuk,gangguan pencernaan, sakit kepala, insomnia, eksitasi, tremor, takikardi, aritmia, mulut kering, palpitasi dan sulit berkemih.

Cara Penyimpanan


ActifedTM PLUS Expectorant : simpan dibawah suhu 30 derajat dan terlindung dari cahaya.

0 komentar:

Posting Komentar